Memang tidak harus mempunyai lapak di startup besar menyerupai Tokopedia, Bukalapak, OLX, atau Lazada Untuk Bisa Mendapatkan Tutorial Mengaktifkan dan menggunakan Facebook Ads Online shop. Banyak para pedagang online yang berusaha meraup keuntungan ganda dengan cara memasarkan produknya via banyak sekali media yang ada.
Salah satu fenomena media umum yang sedang banyak dipakai para pengusaha sebagai perpanjangan marketing mereka ialah "facebook". Sejak awal kemunculannya, facebook termasuk sosial media yang mendapat respon nyata dari para user di seluruh dunia.
Meskipun ketika ini sudah banyak sosial media lain yang muncul sebagai tandingannya, posisi facebook tetap langgeng sebagai sosial media dengan jutaan user setia. Fakta ini memperlihatkan peluang elok bagi para pengusaha alasannya ialah sanggup membidik market mereka di facebook dengan menggunakan facebook ads . Apalagi facebook selalu meminta data spesifik pribadi penggunanya. Mulai dari kawasan tanggal lahir hingga minat semuanya dihadirkan oleh facebook.
Pernahkah ketika membuka facebook, anda melihat iklan disisipkan pada beranda kita atau sebelah kanan beranda ? Nah, Itulah salah satu bentuk iklan yang diterapkan oleh facebook. Bukan hanya pengusaha perorangan saja yang diberikan kesempatan memperluas pasarnya. Organisasi-organisasi waralaba pun mempunyai kesempatan yang sama.
Bahkan panitia penyelenggara seminar nasional pun sanggup meraup 100 orang penerima hanya dalam waktu 48 jam tayang iklan di facebook. Lalu bagaimana dengan cara mengaktifkan marketing via facebook ads ?. Jangan bingung, omblogging kali ini akan membantu anda memulai pelebaran sayap bisnis.
Cara yang akan omblog tunjukkan ialah cara marketing facebook ads dengan opsi ‘user mengklik kemudian akan dibawa ke halaman fanspage’. Cara ini akan mempunyai keuntungan ganda alasannya ialah user yang mengklik iklan otomatis masuk ke halaman fanspage, kemudian menyukainya dan jadilah ia fans di halaman kita.
Beginilah caranya...
Beginilah caranya...
1 ) Login Ke Facebook
Cara pertama ini sama dengan ketika akan menggunakan facebook sebagai user biasa. Kita harus masuk ke situs facebook untuk mengisi email atau nomor telepon serta password ketika melaksanakan registrasi di facebook. Jika sudah benar, kita lanjut ke step selanjutnya.
Ketikkan http://www.facebook.com/ads di kolom alamat URL browser anda. Setelah loading berakhir, kita sudah memasuki halaman facebook ads (Facebook Advertising). Mulai dengan klik ‘create an ad’ untuk mendaftar ke akun facebook ads. Posisinya ada di sebelah kanan layar.
2 ) SettinG Setiap Bagian
Nantinya di halaman creating ads ada bab utama menyerupai berikut : Design your ads
Anda sanggup menentukan nama fanspage anda di bab ini. Tujuannya biar ads yang diklik akan membawa user ke fanspage, bukan website atau malah aplikasi di facebook. Caranya dengan menentukan ‘destination’ yang letaknya ada di bawah bab Pages.
Anda sanggup menentukan nama fanspage anda di bab ini. Tujuannya biar ads yang diklik akan membawa user ke fanspage, bukan website atau malah aplikasi di facebook. Caranya dengan menentukan ‘destination’ yang letaknya ada di bawah bab Pages.
Kemudian untuk ‘type,’ anda centang ‘facebook ads.’ Sementara story typenya dicentang pada ‘new ad message’. Yang kita pilih untuk destination tab ialah default. Tujuannya biar klik user pada ads eksklusif mengarah ke fanspage.
Untuk bab body diisi deskripsi mengenai isi iklan anda. Gunakan kalimat yang unik, singkat dan menarik alasannya ialah aksara maksimalnya hanya 90 saja. Anda sanggup melaksanakan upload gambar iklan disini juga. Pakai ukuran 1100x 80 piksel untuk tampilan optimalnya.
Country diisi dengan nama negara target. Misalkan Indonesia, anda lanjutkan saja dengan mencentang ‘by city’ untuk menarget spesifik kota mana yang diinginkan. Namun jikalau anda hanya menarget dalam skala nasional secara umum saja, anda harus mencentang ‘everywhere’ bukan ‘by city.’
Selanjutnya, rentang usia pengunjung juga diisi sesuai pasaran sasaran produk yang anda jual. Begitu pula dengan jenis kelamin mereka. Nah, di antara semuanya, kolo, ‘precise interest’ menjadi kelebihan facebook ads.
Advertiser
Fitur ini disuguhkan facebook biar user yang hadir sesuai dengan hobi dan minat mereka. Sehingga kemungkinan produk kita terjual atau terjadi interaksi antara penjual dan pembeli tidak ciut. Contohnya saja anda ialah penjual sepeda.
Maka anda harus mengetik keyword yang sesuai dengan produk anda, menyerupai sepeda gunung, komunitas sepeda, sepeda gres murah, jual sepeda, dan lain-lain.
Connections dicentang pada bab ‘only people who are not fans of Butik Sari.co.id’.
Butik Sari ialah nama penjual yang sedang melaksanakan iklan. Connections ini bertujuan memberi sasaran iklan biar hanya ditujukan pada pengguna yang belum menjadi fans dari Butik Sari.
Interest in, education dan relationship dicentang sesuai kebutuhan masing-masing. Language hanya diisi jikalau anda menargetkan user dari pengguna bahasa tertentu. Begitu pula dengan workplaces yang hanya diisi jikalau sasaran kita pada kawasan atau atau perusahaan tertentu saja. Namun jikalau marketnya umum, maka biarkan saja kosong.
3 ) Campaign, Pricing, and Scheduling
Untuk kolom campaign name diisi dengan judul kampanye kita. Pilih kata-kata unik dan gampang diingat. Di bab kedua ini, budget ditentukan sendiri oleh kita. Masukkan budget kita dengan konversi dollar per hari biar kita ada batasan budget yang keluar per harinya. Selanjutnya,
centang “run my campaign continuously starting today” pada kolom campaign schedule kemudian isilah waktu detail mulai hingga berakhirnya iklan kita
Untuk tahapan pertama, kita akan menggunakan pembayaran PPC (Pay Per Click). Untuk itu, pilih PPC pada kolom pricing biar kita hanya membayar ke facebook sesuai jumlah klik pada iklan.
Kemudian untuk kolom max bid diisi dengan jumlah biaya PPC dari harga bid yang disugestikan oleh facebook. Nominal yang dikenai oleh facebook ketika kita telah menjalankan iklan biasanya akan di bawah nominal yang kita tentukan di kolom ini.
Nominal ini nantinya akan diteliti oleh facebook dan dibandingkan dengan kompetitor kita. Facebook akan menentukan iklan melalui sistem lelang otomatis.
Jika semua step sudah dijalankan, klik pada ‘place order’. Sekarang iklan anda masih berstatus ‘pending review’. Proses review memenuhi standar ini biasanya menghabiskan masa sehari penuh. Bila nanti iklan kita lolos review, akan ada pemberitahuan lewat email pribadi.
Di sini nanti, status kita akan bermetamorfosis aktif dan mulailah kita berjualan via facebook ads.
Oke ??... Selamat berwirausaha ..!!!
Oke ??... Selamat berwirausaha ..!!!
Selanjutnya tumpuan artikel lainnya :
Pilih Facebook Ads atau Google Adwords?
Pilih Facebook Ads atau Google Adwords?